Rabu, 24 Oktober 2012

Proses pemasangan batu alam dengan posisi maju mundur

Halo pembaca budiman sekalian…, salam jumpa kembali dengan kami. Mungkin Anda sudah tahu bahwa ada banyak cara dalam memasang batu alam, maka dalam artikel kali ini akan kami akan membahas salah satunya yaitu “Proses pemasangan batu alam dengan posisi maju mundur”. Bisa jadi pemasangan dengan cara ini sudah sering Anda lihat juga,seperti pada gambar berikut ini…
Batu Candi yang dipasang maju mundur
Dan tanpa banyak basa-basi lagi,kita langsung masuk saja pada proses pembuatannya…silakan disimak.
1.      Langkah pertama adalah persiapan material
Yang dibutuhkan adalah paku (biasanya paku beton) dan tali untuk acuan atau istilahnya tarik benang, agar mudah dalam pemasangan batu alamnya nanti sehingga hasilnya rapi serta siku. Semen dan pasir sebagai perekat,pelapis/coating untuk menjaga penampilan permukaan batu alam agar tidak berlumut dan kusam. Dan tidak lupa,batu alamnya itu sendiri.
keramik disamping adalah acuannya
setelah diberi tanda baru dipotong sisinya
hasilnya batu alam dengan sisi yang siku
Karena batu alam bukan buatan pabrik maka pada persiapannya harus dibuat siku terlebih dahulu sisi-sisinya. Bisa memakai keramik yang siku sebagai acuannya.
2.      Langkah kedua adalah mempersiapkan lokasi kerja
tembok yang akan dipasang batu alam
Untuk tembok yang masih baru atau belum di aci,bisa langsung tarik benang dan lanjut ke pemasangan. Tetapi untuk tembok yang sudah jadi dan di cat seperti ini maka temboknya harus di bobok terlebih dahulu atau dirusak/dibuat cacat. Maksudnya agar adukan semen untuk untuk batu alam nanti bisa menempel/menyatu dengan baik dengan lapisan semen sebelumnya. Karena antara cat dan semen tidak akan senyawa atau menempel dengan baik.
3.      Langkah ketiga adalah menarik benang sebagai acuan
paku acuan bagian atas
paku acuan bagian bawah
Ambil salah satu sisi yang siku untuk awal pemasangan,jadi batu alam yang utuh mulai dipasang dari situ. Jangan lupa basahi dahulu tembok sebelumnya,agar lapisan semennya agak melunak dan bisa menyatu dengan lapisan semen yang baru.
4.      Langkah ke empat, pemasangan
permulaan pasang batu alam
pengganjal
Untuk pemasangan maju mundur maka pemasangan dimulai dari bawah ke atas,agar si batu alam tidak merosot ke bawah maka dibutuhkan pengganjal.
batu alam diberi adukan semen pasir
diketuk-ketuk dengan palu agar sesuai tinggi permukaannya
Cara pemasangannya kurang lebih sama dengan cara pasang keramik. Setelah diberi lapisan semen pada bagian belakang batu alam,lalu diletakan pada posisinya dan diketuk-ketuk dengan palu agar lapisan semennya menyebar dan menjadi padat/mengisi ruang kosong dibelakang batu alam tersebut.
bersihkan sisa semen yang keluar
agar cepat kering,diberi bubuk semen untuk menyerap kadar air pada adukan
bersihkan permukaannya dari sisa semen
jangan lupa bagian sisi-sisinya juga
Pada proses ini biasanya ada semen yang berlebih dan keluar melalui sisi samping keramik,cukup bersihkan kelebihan semen ini dengan kuas dan air. Batu alam lebih rentan daripada keramik karena berpori maka harus rajin dalam membersihkan agar tidak ada sisa semen yang meninggalkan noda nantinya.
5.      Langkah kelima, memberikan pelapis atau coating
Setelah selesai dipasang dan sudah agak kering bisa langsung diberikan pelapis atau coating dengan kuas. Kalau pada prosesnya memakan lebih dari 1 hari dan kondisi hujan maka tutupilah batu alam yang sudah terpasang tersebut dengan terpal. Agar air tidak dapat masuk dan membasahi lapisan semen lagi, hal ini bisa menyebabkan lapisan semen lama mengering dan batu alam bisa lepas kembali dari posisinya. Bisa juga membuat penampilan batu alamnya menjadi kotor karena adanya semen yang merembes keluar terbawa oleh air. Biasanya pelapisan diberikan sebanyak 3 kali agar lebih bagus hasilnya dan tahan lama.
Begitulah proses pemasangan untuk batu alam dengan posisi maju mundur. Sekali lagi semoga artikel ini membantu menambah wawasan para pembaca sekalian. Terima kasih kami ucapkan karena sudah berkunjung ke blog kami. Salam sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar