Rabu, 26 September 2012

Galian Tanah Pondasi Batu Kali

Untuk membuat pondasi diperlukan pekerjaan galian tanah. Pada umumnya lapisan tanah dipermukaan setebal ± 50 cm adalah lapisan tanah humus yang sangat labil dan tidak mempunyai daya dukung yang baik. Oleh karena itu dasar pondasi tidak boleh diletakkan pada lapisan tanah humus ini. Untuk menjamin kestabilan pondasi dan memperoleh daya dukung tanah yang cukup besar, maka dasar pondasi harus diletakkan pada kedalaman lebih dari 50 cm dari permukaan tanah sampai mencapai lapisan tanah asli yang keras. Lebar galian tanah untuk memasang pondasi dibuat secukupnya saja asal sudah dapat untuk memasang pondasi, karena tanah yang sudah terusik sama sekali akan berubah baik sifatnya maupun kekuatannya.

Bentuk tampang galian dapat bermacam-macam, tergantung jenis tanahnya. Bila jenis tanahnya merupakan tanah lepas (misal pasir), maka luas tampangnya akan semakin besar. Atau dapat dikatakan bahwa luas tampang sangat dipengaruhi oleh sudut longsornya.

Contoh ukuran untuk galian pondasi batu kali misalnya: lebar + 60 s.d 150 cm dan dalam + 60 s.d 100 cm, tergantung jenis dan kondisi tanah.

1. Gambar galian pondasi tanah bebas


















2. Gambar pondasi berbatasan dengan tanah orang lain


















3. Foto pekerjaan galian untuk pondasi



















4. Foto galian pondasi



















::dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar