Rabu, 14 Agustus 2013

SEBELUM MEMBELI AKUARIUM

Bagi yang hobi memelihara ikan hias di akuarium ada baiknya untuk membaca uraian singkat yang pasti bermanfaat. Sangat sederhana tapi tidak gampang menjalankannya. Tetapi demi keindahan ruangan anda, tidak ada salahnya jika mau lebih perhatian dengan akuarium anda.

  1. Ada baiknya anda untuk memilih jenis ikan hias terlebih dulu Sebelum membeli akuarium. Misalnya Ikan Badut, Ikan Kupu-Kupu, Ikan Mandarin, Dragon Fish, Emperor Fish, dan Lain-lain. Jika sudah, perhatikan ukuran ikan-ikan yang akan masuk dalam akuarium. Jika ukurannya besar-besar jangan beli Akuarium kecil. Intinya jangan sampai ikan hias-ikan hias hidup berdesak-desakan dan tidak mendapatkan tempat hidup yang nyaman. Dan yang paling penting, cocokkah budget Anda dengan jenis ikan hias dan akuarium yang ingin Anda beli?
  2. Selain Memperhatika ukuran ikan, juga perhatikan ukuran ruang yang akan ditempati oleh akurium. Jangan sampai malah membuat ruang jadi sesak karena keberdaan akuarium.
  3. Ketahui dahulu karakter dan pola hidup ikan hias anda. Anda membeli jenis ikan tertentu, tentunya harus tahu makanannya apa dan bagaimana ciri dan pola hidupnya. Cari informasi di Internet atau membeli majalah ikan agar anda dapat merawat ikan tersebut sebaik mungkin. Setiap ikan hias mempunyai jenis makanan yang berbeda-beda dengan harga yang variatif pula.
  4. Tidak semua jenis ikan bisa hidup rukun jika hidup dalam akuarium yang sama. Sekali lagi kenali karakter mareka. Senangnya bila Akuarium Anda penuh dengan ikan hias aneka warna dan memanjakan mata. Tetapi pertimbangkan sebelum Anda mencampurkan semua ikan hias yang Anda beli. Antara ikan hias yang satu dengan ikan hias yang lainnya belum tentu cocok dan bisa hidup rukun. Contohnya adalah Seamese Fighting Fish atau ikan Cupang. Ikan ini suka sekali berkelahi, namanya saja Fighting Fish.Jadi lebih baik Anda mencari referensi langsung kepada penjual dan orang yang lebih ahli dalam budidaya ikan hias.
  5. Hal jamak yang mutlak harus dilakukan adalah selalu rajin membersihkan akuarium. Sirkulasi udara melalui filter juga sangat penting bagi kelangsungan hidup Ikan hias Anda.
  6. Rajin-rajinlah membuat jadwal memberi makan ikan hias sesuai dengan porsi dan waktu makannya. Ikan hias Anda harus senantiasa Anda rawat. Bila tidak maka ikan hias itu tidak akan dapat bertahan hidup di akuarium Anda. (dari berbagai sumber/foto:istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar