Semakin
banyak dari kita yang memilih untuk melakukan pekerjaan di rumah atau
bekerja dari rumah. Ada beragam profesi seperti seniman, arsitek, desainer grafis, pengusaha, teknisi komputer, dan lain-lain.
Kebanyakan
dari mereka yang bekerja dari rumah melihat banyak keuntungan dengan
gaya hidup seperti ini (karena tidak perlu beredar dan meninggalkan
rumah ) Tapi juga sering bingung, bagaimana dapat mengintegrasikan rumah
sebagai tempat tinggal sekaligus tempat kerja. Berikut adalah beberapa tips:
BUAT PEMISAHAN
Jika
Anda tinggal di rumah atau apartemen, cara terbaik adalah
mendedikasikan satu ruangan khusus sepenuhnya untuk pekerjaan Anda. Pemisahan
ini memungkinkan Anda untuk mengatur ruang kerja Anda lebih mudah dan
untuk melepaskan diri dari pekerjaan ketika sudah waktunya untuk
berkumpul dengan keluarga. Hal ini juga
memungkinkan Anda untuk menutup ruangan agar tidak terganggu pada
saat-saat yang diperlukan seperti menyapa dan bertemu klien yang mungkin
masuk ke rumah Anda.
Bekerja pada ruang makan atau meja pantry bukan solusi jangka panjang terbaik bagi mereka yang bekerja di rumah. Ruko
adalah konsep penataan ruang terbaik jika anda tinggal di ruko tersebut
dan bekerja dari ruko tersebut, karena level berbeda menawarkan satu
ruang khusus untuk bekerja, dan level lainnya bisa digunakan untuk
tempat tinggal.
MAKSIMALKAN PERALATAN KANTOR ANDA.
Meskipun di rumah, sebuah
kantor di rumah harus memiliki set-up lengkap peralatan kantor seperti :
telepon, faks, komputer, printer, scanner, akses internet, rak
penyimpanan untuk file, dan segala sesuatu yang biasanya ada didalam
kantor. Sebuah ruang kerja yang baik
harus memiliki pencahayaan yang baik, meja kerja yang baik, rak file
yang cukup, tampilan ruang yang bersih, ventilasi yang baik dan lantai
dengan pelindung yang baik (karpet) untuk memudahkan pembersihan. Jangan berhemat pada peralatan kerja. Anda akan bekerja lebih baik jika Anda lengkap untuk semua keadaan.
RUANG JANGAN SAMPAI BERANTAKAN
Jangan biarkan koran, majalah, dan kekacauan lain terjadi di bagian manapun di rumah Anda. Bersihkan
semua itu segera dengan menyediakan tempat sampah khusus untuk sampah
pekerjaan kantor di rumah Anda. Selain menjaga kebersihan ruang, juga
kantor anda harus selalu siap untuk menerima klien dan rekan kerja
setiap saat dan bahkan pada saat anda sedang tidak bekerja. Ruang yang
bersih akan menawarkan rasa ketenangan dan damai dan tentunya nyaman dalam bekerja dan tinggal didalamnya.
SEDERHANAKAN DEKORASI DI RUANG KERJA
Ketika Anda tinggal dan bekerja di rumah, Anda perlu untuk mengurangi atau menyederhanakan dekorasi yang tidak perlu. Bersihkan pernak-pernik yang justru membuat penuh ruangan.
PERSONIFIKASIKAN RUANG ANDA
Jika Anda membawa klien ke rumah Anda, personalisasi dekorasi sesuai dengan background Anda . Ingat, rumah Anda tidak hanya rumah Anda, tapi juga kantor anda! Jadi
jika Anda seorang desainer, arsitek atau seniman, misalnya, dekorlah
(tapi ingat jangan berlebihan) ruang kantor anda mengidentifikasikan
bahwa ruang itu adalah milik anda. Karena estetika tertentu,
mencerminkan estetika seluruh rumah Anda. Berusahalah untuk mengekspresikan gaya Anda bekerja melalui unsur-unsur dekorasi. (rudy dewanto/foto : istimewa)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar