Rabu, 24 Oktober 2012

Cara pasang keramik lantai kamar mandi dengan posisi diagonal

Bagaimana kabarnya setelah sekian lama? Semoga semuanya baik-baik saja dan lancar selalu.
Kali ini kami ingin membagikan pengetahuan kami mengenai “Cara pasang keramik lantai kamar mandi dengan posisi diagonal”. Hal ini biasanya kami lakukan apabila memang tidak ada ukuran keramik lantai yang sesuai dengan dindingnya, sehingga nat dinding dan nat lantainya tidak bisa sejajar/bertemu. Cara pemasangan seperti ini juga bisa untuk variasi agar tidak terlalu monoton.
Dalam kasus ini, klien kami ingin motif keramik lantai yang agak kasar sehingga tidak licin tetapi warnanya menyesuaikan dengan keramik dindingnya yang lama. Kami menemukan keramik lantai yang sesuai dengan kriteria yang diberikan tetapi ukurannya 33×33 cm sedangkan keramik dindingnya berukuran 20×25 dipasangan dengan posisi vertikal/berdiri. Dan inilah solusi dari kami, silakan disimak langkah-langkah kerjanya.
  1. Carilah 2 tembok yang siku untuk awal permulaan menarik benang acuan.
Contoh tembok yang tidak siku
Bagaimana cara mengetahui tembok tersebut siku atau tidak? Caranya mudah sekali, cukup dengan menempelkan selembar keramik di sudut tembok seperti pada gambar diatas. Apabila ada jarak antara keduanya itu artinya tembok tidak siku.
tali acuan yang posisinya mesti sejajar dan siku
close up posisi benang acuan untuk ketinggian keramik
Bila tidak ada tembok yang benar-benar siku maka benang harus tetap siku. Dan perbedaannya jaraknya bisa dibagi dua agar hasilnya tidak terlalu mencolok. Atau bisa juga dibuang ke sudut yang akan ditutupi dengan barang besar seperti kloset, bathtub, bak mandi agar tidak terlalu kelihatan. Dalam kasus kali ini, karena mengganti keramik lantainya saja jadi harus mengikuti AS dinding sebagai permulaan menarik benang.
 

  1. Ukurlah bagian tengah keramik dengan posisi diagonal sebagai acuan pemasangan. 
paku untuk benang acuan pasang keramik
 
benang di garis tengah keramik
Ambil garis tengah keramik dengan posisi diagonal seperti pada gambar.Benang ini gunanya agar keramik yang dipasang posisinya sejajar dan tingginya sama.
  1. Pasanglah keramik yang utuh terlebih dahulu.
pasang keramik
Awal pemasangan, usahakan memasang keramik yang utuh. Karena posisi pembuangan air yang sudah terletak di situ maka kami mau tidak mau harus memotong keramik acuan kami.
  1. Kemudian pasang keramik yang dipotong untuk bagian sisi temboknya.
pasang keramik potongan rapat ke dinding
Setelah keramik utuh terpasang 1-2 buah, langsung potong keramik yang rapat di dinding. Caranya, langsung dibagi 2 secara diagonal dan dipasang.  Gunanya agar bila ada kesalahan posisi dalam pemasangan (dalam hal ini miring atau kurang sejajar) maka bisa langsung ketahuan dan bisa langsung diperbaiki.
  1. Agar posisi keramik yang dipasang rata maka diperlukan satu benang acuan lagi dengan posisi yang miring atau sejajar dengan sisi keramik.
paku untuk benang acuan agar sisi keramik yang miring rata/sejajar
posisi benang dalam pemasangan keramik diagonal
Setiap memasang baris baru keramik maka benang ini juga dipindah. Memang untuk pemasangan dengan cara diagonal lebih sulit dengan cara biasa/sejajar dan butuh acuan lebih banyak agar hasilnya maksimal.
  1. Jangan lupa untuk selalu mengecek ketinggian keramik setiap habis dipasang.
1. sendok semen, 2. meteran, 3. palu, 4. benang, 5. semen kering, 6. paku beton 12cm, 7. waterpass
Dengan waterpass bisa diketahui tinggi dari masing-masing keramik yang terpasang dengan yang sebelumnya.  Karena ini lantai kamar mandi maka harus dibuat agak miring ke arah lubang pembuangan, agar air tidak menggenang bila kamar mandi itu digunakan atau dibersihkan.
Dan hasil akhirnya adalah seperti ini :
foto dengan blitz
foto tanpa blitz
Untuk pemasangan dengan cara diagonal usahakan melebihkan jumlah keramik yang dipakai untuk spare/cadangan.  Karena cara ini lebih sulit dan bila ada kesalahan dalam pemotongan atau memang ukurannya tanggung maka keramik sisa atau buangannya yang tidak terpakai akan banyak.
Sekian penjelasan dari kami mengenai langkah-langkah dalam memasang keramik dengan posisi diagonal, semoga menambah pengetahuan Anda mengenai keramik. Terima kasih dan salam sukses selalu.

2 komentar: